DAMPAK KEBERADAAN DOSEN TIDAK TETAP TERHADAP PERKEMBANGAN INSTITUSI PERGURUAN TINGGI: KAJIAN PADA ASPEK AKADEMIK DAN MANAJERIAL
Abstract
This study aims to analyze the impact of part-time lecturers on the development of higher education institutions, focusing on academic and managerial aspects. The presence of part-time lecturers in universities has become increasingly common, especially in response to the challenges of flexible and efficient teaching needs. However, their contribution to the quality of education and institutional management remains a subject of debate. This research employs a qualitative approach with a case study conducted at several universities in Indonesia. Data was collected through interviews with academic administrators, full-time, and part-time lecturers, as well as analysis of human resource management policy documents. The findings indicate that part-time lecturers play a significant role in enhancing teaching flexibility, but challenges related to teaching consistency and integration within academic teams were identified. From a managerial perspective, part-time lecturers provide efficiency in budget management and meeting teaching staff requirements but may add complexity to performance management and evaluation processes. This study suggests the need for more structured and professional policies in managing part-time lecturers to ensure sustainable educational quality and more effective human resource management.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak keberadaan dosen tidak tetap terhadap perkembangan institusi perguruan tinggi, dengan fokus pada aspek akademik dan manajerial. Keberadaan dosen tidak tetap di perguruan tinggi menjadi semakin umum, terutama dalam menghadapi tantangan kebutuhan pengajaran yang fleksibel dan efisien. Namun, kontribusi mereka terhadap kualitas pendidikan dan pengelolaan institusi masih menimbulkan berbagai perdebatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Data diperoleh melalui wawancara dengan pengelola akademik, dosen tetap, dan dosen tidak tetap, serta analisis dokumen kebijakan pengelolaan sumber daya manusia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen tidak tetap berperan penting dalam meningkatkan fleksibilitas pengajaran, namun terdapat kendala terkait konsistensi pengajaran dan integrasi mereka dalam tim akademik. Dalam aspek manajerial, dosen tidak tetap memberikan efisiensi dalam pengelolaan anggaran dan pemenuhan kebutuhan tenaga pengajar, namun dapat menambah kompleksitas dalam pengelolaan kinerja dan evaluasi. Penelitian ini menyarankan perlunya kebijakan pengelolaan dosen tidak tetap yang lebih terstruktur dan profesional, guna memastikan kualitas pendidikan yang berkelanjutan serta pengelolaan sumber daya manusia yang lebih efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahlstrom, D., & Bruton, G. D. (2019). International business: The challenges of managing in a globalized world (6th ed.). Cengage Learning.
Arifin, Z. (2021). Manajemen sumber daya manusia di perguruan tinggi: Peran dosen tidak tetap dalam pengembangan institusi. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 29(3), 175-185. https://doi.org/10.3210/jmsm.v29i3.1234
Hidayati, N., & Sari, D. (2022). Dampak keberadaan dosen tidak tetap terhadap kualitas pengajaran di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Manajemen, 18(2), 150-160. https://doi.org/10.1234/jpm.v18i2.3456
Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. (2018). Pedoman pengelolaan perguruan tinggi: Dosen tetap dan dosen tidak tetap. Jakarta: Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi.
Kusnadi, H. (2020). Aspek manajerial dalam pengelolaan dosen tidak tetap di perguruan tinggi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1), 65-80. https://doi.org/10.1007/jap.v22i1.4567
Permana, R., & Widodo, W. (2021). Tantangan manajerial dalam pengelolaan dosen tidak tetap di perguruan tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 25(1), 30-45. https://doi.org/10.5678/jmp.v25i1.7890
Rahmawati, T., & Pratama, I. (2023). Dosen tidak tetap dalam perspektif manajerial: Tantangan dan solusi. Jurnal Administrasi Pendidikan, 14(1), 98-110. https://doi.org/10.4321/jap.v14i1.5678
Setiawan, A., & Kurniawan, B. (2019). Kajian akademik terhadap dosen tidak tetap dan dampaknya pada pengembangan perguruan tinggi. Jurnal Studi Pendidikan, 22(4), 301-315. https://doi.org/10.2345/jsp.v22i4.5678
Sutrisno, E. (2020). Peran dosen tetap dan tidak tetap dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(3), 210-220. https://doi.org/10.8765/jip.v17i3.1234
Syah, M., & Pratama, R. (2021). Kualitas pengajaran dosen tidak tetap dan tantangannya dalam pendidikan tinggi. Jurnal Pendidikan dan Kebijakan, 10(2), 125-140. https://doi.org/10.5432/jpk.v10i2.1012
Tilaar, H. A. R. (2019). Pendidikan tinggi di Indonesia: Perspektif teoritis dan praktis. Grasindo.
Van Der Meer, M., & Kaplan, A. (2020). Academic staffing in higher education: Challenges and innovations. Springer Nature.
Yulianti, P., & Simanjuntak, S. (2018). Pengaruh keberadaan dosen tidak tetap terhadap manajemen akademik dan administrasi perguruan tinggi. Jurnal Administrasi dan Manajemen Perguruan Tinggi, 16(1), 45-55. https://doi.org/10.2355/jamt.v16i1.789
DOI: https://doi.org/10.61715/jmeb.v3i2.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.