PERANAN PENGETAHUAN KEWIRAUSAHAAN, STRATEGIPEMASARAN, SERTA MANAJEMEN PERMODALAN DAN KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEBERHASILAN USAHA

Rinda Astrizal

Abstract


Abstract

Ethis study aims to determine and analyze the role of entrepreneurial knowledge, marketing strategy, and capital and financial management to increase the success of the hijab business at PT. Together with Zatta Jaya Medan to informants from the hijab business owner and informants from the customer/business consumer. This research is a type of descriptive research, namely research on certain phenomena or populations obtained by research from subjects in the form of organizational individuals, industries or other perspectives. This research uses triangulation method. The informants in this study were the owners of a hijab business on Jalan Juanda No. 49 Medan and Elzatta Hijab Shop at Plaza Medan Fair Lt. 2 Medan and 16 (sixteen) consumers of the hijab business. The data used are primary and secondary data. Data collection techniques in this study were carried out through interviews and observations. The research method used is a qualitative descriptive analysis research method. The results of this study have a suitability of the hijab business owner with the hijab business consumer of 81.25% while the remaining 18.75% is not suitable. This is based on the results of research showing that the factors that drive business success in the hijab business are the application of entrepreneurial knowledge, marketing strategies, capital and financial management.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan pengetahuan kewirausahaan, strategi pemasaran, serta manajemen permodalan dan keuangan untuk meningkatkan keberhasilan usaha hijab pada PT. Bersama Zatta Jaya Medan terhadap informan dari pihak pemilik usaha hijab dengan informan dari pihak pelanggan/konsumen usaha. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh oleh penelitian dari subjek berupa individu organisasional, industri atau perspektif yang lain. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik usaha hijab di Jalan Juanda No. 49 Medan dan Toko Elzatta Hijab di Plaza Medan Fair Lt. 2 Medan serta 16 (enam belas) konsumen usaha hijab. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini memiliki kesesuaian dari pihak pemilik usaha hijab dengan pihak konsumen usaha hijab sebesar 81,25% sedangkan sisanya 18,75% yang kurang sesuai. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendorong keberhasilan usaha pada usaha hijab adalah penerapan pengetahuan kewirausahaan, strategi pemasaran, manajemen permodalan dan keuangan.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peranan pengetahuan kewirausahaan, strategi pemasaran, serta manajemen permodalan dan keuangan untuk meningkatkan keberhasilan usaha

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yaitu penelitian terhadap fenomena atau populasi tertentu yang diperoleh oleh penelitian dari subjek berupa individu organisasional, industri atau perspektif yang lain. Penelitian ini menggunakan metode triangulasi. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik usaha hijab di Jalan Juanda No. 49 Medan dan Toko Elzatta Hijab di Plaza Medan Fair Lt. 2 Medan serta 16 (enam belas) konsumen usaha hijab. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara dan observasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian analisis deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian ini memiliki kesesuaian dari pihak pemilik usaha hijab dengan pihak konsumen usaha hijab sebesar 81,25% sedangkan sisanya 18,75% yang kurang sesuai. Hal ini berdasarkan dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa faktor-faktor yang mendorong keberhasilan usaha pada usaha hijab adalah penerapan pengetahuan kewirausahaan, strategi pemasaran, manajemen permodalan dan keuangan.


Keywords


Entrepreneurship Knowledge, Marketing Strategy, Capital and Financial Management, Business Success

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, 2014. Manajemen Penelitian, cetakan kelima, Jakarta: Asdi Mahasatya.

Anoraga, Pandji dan Sudantoko, H. Djoko. 2012. Koperasi, Kewirausahaan, Dan Usaha Kecil. Penerbit :Rineka Cipta, Jakarta.

Anoraga, Pandji. 2014. Manajemen Bisnis. Penerbit : RinekaCipta, Jakarta.

Alma, Buchari. 2015. Kewirausahaan. Penerbit : Alfabeta cetakan kesembilan, Bandung.

Benedicta Prihatin DwiRiyanti, 2013. Kewirausahaan Dari Sudut Pandang Psikologi Kepribadian, Jakarta :Grasindo.

Bugin, Burhan, 2011. Penelitian Kualitatif, Komunikas Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Jakarta : Penerbit Prenada Media Group.

Harefa, Andrias. 2012. Berwirausaha Dari Nol : 10 Kiat Sukses Dengan Modal Seadanya. Penerbit : Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Hamidi, 2015. Metode Penelitian Kualitatif, Aplikasi Praktis Pembuatan Proposal dan Laporan Penelitian, Malang : Penerbit Universitas Muhammadiyah Malang.

Husein Umar, 2013. Metode Riset Bisnis, Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Hutagalung, Raja Bongsu, Syahfrizal Helmi Situmorang & Frida Ramadini. 2010. Kewirausahaan. Medan: USU Press.

Kasmir, 2012. Kewirausahaan, Jakarta: Rajawali Pers.

Iwanto, Sutrisno. 2012. Kiat Sukses Berwirausaha. Penerbit :Grasindo, Jakarta.

Longenecker, Justin G. Moore Carlon W dan Petty, William J. 2011. Kewirausahaan Manajemen Usaha Kecil. Penerbit : Salemba Empat, Jakarta.

Nasution, Darma Putra, dkk. 2011. Pengembangan Wira Usaha Baru. Penerbit : Yayasan Humaniora& dan Asian Community Trust (ACT), Medan.

Mdjiarto Aliaras Wahid, 2016. Kewirausahaan, Membangun Karakter dan Kepribadian, Jakarta: UIEU Press.

Ranto, Basuki, 2011. Analisis Hubungan Antara Motivasi, pengetahuan kewirausahaan, dan kemandirian usaha terhadap kinerja pengusaha pada kawasan industri kecil di daerah Pulogadung, Jurnal Usahawan No.10 TH XXXVI Oktober 2007.

Sitompul, Sanggam Atur. 2006. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keberhasilan Usaha Baru (Studi Kasus Pada Dhuonet Dan Tripel Gnet)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU, Medan (tidak dipublikasikan)

Salim, Peter. 2013. Advance English-Indonesian Dictionary. Penerbit: Modern English Press fourth edition, Jakarta.

Sekaran, Uma, 2016. Metodologi Penelitian Untuk Bisnis, Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Bisnis, cetakan ke 12, Bandung: Alfabeta.

Suryana, 2016. Kewirausahaan, Pedoman Praktis, Kiat dan Proses Menuju Sukses, Jakarta: Salemba Empat.

Tarigan, Puspita Sri Rejeki. 2009. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Keberhasilan Usaha Pada Usaha Optik Di Jalan Djamin Ginting, Padang Bulan Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU, Medan (tidak dipublikasikan)

Ulina, Georgia. 2008. ”Analisis Faktor-Faktor Yang Mendorong Keberhasilan Usaha Baru (studi Kasus pada Crispo Accessories Grand Palladium dan Q-ta Accessories Sun Plaza Medan)”. Skripsi Fakultas Ekonomi Departemen Manajemen USU, Medan (Tidak dipublikasikan).

Widayana Lendy, 2015. Knowladge Management, Meningkatkan Daya Saing Bisnis, Malang: Bayu Media.

Zimmerer, Thomas dan Norman M. Scarborough. 2012. Pengantar Kewirausahaan dan Manajemen Bisnis Kecil. Penerbit: Prenhallindo, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.61715/jmeb.v1i2.71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats