PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP DAYA BELI KONSUMEN

Deborah Belinda

Abstract


Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of product quality and product design on consumer purchasing. This research is a type of associative research. The population in this study are people who have bought and used products from PT. Ria Indah Mandiri Medan. The sampling method in this study used the accidental sampling method. Data collection methods in this study were questionnaires, interviews and literature study. The data analysis method used descriptive and quantitative methods, namely multiple linear regression analysis with a significant level of 0.05. The results of the F test show that product quality and product design together have a positive and significant influence on the dependent variable, namely consumer purchasing power. Based on the test of the coefficient of determination (R2) shows that the R value of 0.482 means that product quality and product design affect consumer purchasing power by 48.2% and the remaining 51.8% can be explained by other factors not examined in this study.


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas produk dan desain produk terhadap daya beli konsumen. Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumenyang pernah membeli dan menggunakan produk dari PT. Ria Indah Mandiri Medan. Metode pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode accidental sampling. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara dan studi pustaka. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif yaitu analisis regresi linier berganda dengan tingkat signifikan 0,05. Hasil uji F menunjukkan bahwa kualitas produk dan desain produk secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat yaitu daya beli konsumen. Berdasarkan pada pengujian koefisien determinasi (R2) menunjukkan bahwa nilai R sebesar 0,482 artinya kualitas produk dan desain produk mempengaruhi daya beli konsumen sebesar 48,2% dan sisanya 51,8% dapat dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


Keywords


Product Quality; Product Design; Purchasing Power

Full Text:

PDF

References


Agasta, M, & Albertus. (2015). Pengaruh Desain Produk Terhadap Daya beli Produk Produk Futsal Specs. Kota Bandung.

Amin, Syukron, Muhammad, & Kholil. (2013). Six Sigma Quality For Business Improvement. Jakarta : Graha Ilmu.

Asshiddieqi, F. (2013). Analisis Pengaruh Harga, Desain Produk dan Promosi Terhadap Daya beli, (Studi kasus pada produk tas di Semarang).

Crisna, & Wahyu Nur Putri. (2015). Pengaruh Citra Merek, Desain Produk dan Kualitas Produk, Terhadap Daya beli Tas Sophie Paris. Uni. Jurnal Ekonomi (Vol. Vol.1). versitas Nusantara PGRI Kediri.

Danang. (2012). dasar - dasar manajemen pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

Fure, Ferdiyanto , & dkk. (2015). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Daya beli Konsumen Di J.CO Manado. Jurnal EMBA, III, No.1, 367-377.

Ilmaya, & Fahma. (2011). Analisis Pengaruh Interaksi Harga dan Desain Produk Terhadap Daya beli di Batik Eka. Semarang.

Indonesia, S. (2012, Juni 12). Analisa Kualitas Proses Anda dengan Value Stream Mapping (VSM). Dipetik Desember 23, 2018, dari http://shiftindonesia.com/lean-six-sigma-analisa-kualitas-proses-anda-dengan value-stream-mapping-vsm/

Irawan, & Dharmestha. (Mei 2021). Komunikasi Personal. Medan.

Jonathan, MD, & Rahardjo. (2016). Analisis Pengendalian Kualitas Untuk Mengendalikan Produk Cacat (Studi pada PT. Mazebah Saroha-Jakarta). Jakarta.

Karina, Ni Putu Novia dan Seminar, & Ni Ketu. (2015). Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Daya beli Produk PT. Karya Pak Oles Tokcer Denpasar. E Jurnal Manajemen Unud, 1610-1623, Vol. 4, No. 6.

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management Edisi 14. Global Edition : Pearson Prentice Hall.

Kotler, & Situmorang. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT. Salemba Empat.

Kotler, Philip , & Gary Armstrong. (2013). Desain Produk, Edisi 15. Pearson : Prentice Hall. New Jersey.

Melsas, R., Rosin, A, & Drovtar,I. (2016). Value Stream Mapping for Evaluation of Load.

Putong. (2014). Daya beli dan sikap pelanggan terhadap pemakaian (usage) telpon) diakses pada tanggal 3 November. Diambil kembali dari http://repository.upi.edu/operator/upload/t_mmb__0708028_chapter1.pdf.

Rosnani. (2011). Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen PT Gramedia. Jakarta : Pustaka Utama.

Saidani, Basrah, & DKK. (2013). Pengaruh Kualitas dan Desain Produk Terhadap Daya beli Produk Olahraga Futsal Adidas di Wilayah Jakarta Timur. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI), 4, No. 2.

Saladin, D. (2013). Manajemen Pemasaran Ringkasan Praktis, Teori, Aplikasi, dan Tanya Jawab. Bandung: Linda Karya.

Tannady, & Hendy. (2015). Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu




DOI: https://doi.org/10.61715/jmeb.v1i2.69

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats