ANALISIS CUSTOMER DELIGHT DAN LOKASI USAHA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA KENTUCKY FRIED CHICKEN (KFC) CABANG RINGROAD MEDAN

Maulidini Maulidini, Nur Subiantoro, Rizky Saputra

Abstract


Abstract

This study aims to determine the effect of Customer Delight and business location on customer loyalty at KFC Ringroad Medan Branch. This research method is in the form of an explanation, namely the research method aims to be able to explain the position of each of the variables studied and the influence between one variable and another. The object of this research is the consumers of the Medan Ringroad Branch. The data collected in this study came from questionnaires, direct observations, and documentation studies. Data is processed using SPSS 20.0 for windows. The data analysis method used in this study is multiple regression analysis using descriptive methods and quantitative methods to measure the effect of Customer Delight, and location on customer loyalty at KFC Ringroad Medan Branch. Based on the simultaneous test on the variables consisting of Customer Delight and location together have a positive and significant effect on the dependent variable (customer loyalty). By using the correlation coefficient test (R2) it is found that the level of correlation or relationship between justice, esteem, finish touch and location on customer loyalty at KFC Ringroad Medan Branch is a fairly high relationship.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk bisa mengetahui pengaruh Customer Delight dan lokasi usaha terhadap loyalitas pelanggan pada KFC Cabang Ringroad Medan. Metode penelitian ini berbentuk eksplanasi, yaitu metode penelitian bertujuan untuk dapat menjelaskan kedudukan masing-masing variabel- yang diteliti serta pengaruhnya antara variabel satu dengan variabel lainnya. Obyek penelitian ini adalah konsumen cabang Ringroad Medan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari kuisioner, hasil pengamatan langsung, dan studi dokumentasi. Data diproses dengan menggunakan SPSS 20.0 for windows. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi berganda dengan menggunakan metode deskriptif dan metode kuantitatif guna untuk mengukur pengaruh Customer Delight, dan lokasi terhadap loyalitas pelangan pada KFC Cabang Ringroad Medan. Berdasarkan uji simultan pada variabel yang terdiri Customer Delight, dan lokasi secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat (loyalitas pelanggan). Dengan menggunakan pengujian koefisien korelasi (R2) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara justice, esteem, finish touch dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan pada KFC Cabang Ringroad Medan merupakan hubungan yang cukup tinggi.


3032-5382

Keywords


Kesenangan Pelanggan, Lokasi, Loyalitas Pelanggan

Full Text:

PDF

References


Gerson, Richard F. (2012) Mengukur Kepuasan Pelanggan, Cetakan kedua, Jakarta: PPM.

Griffin, Jill. (2015). Customer Loyalty (Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan). Jakarta: Erlangga

Hurriyati, Ratih. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: Alfabeta.

Ma’ruf, Hendri. (2015). Pemasaran Ritel. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Kasmir. (2015). Etika Customer Service. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Kotler, Philip, (2015). Manajemen Pemasaran, Edisi Kesebelas, Jilid 1-2, Jakarta: Index.

Setiadi, Nugroho J. (2013) Perilaku Konsumen konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Bandung : Kencana.

Simamora, Bilson, (2011) Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, Cetakan Pertama. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Situmorang, Syafrizal Helmi, dkk. (2010) Analisis Data Penelitian, Medan: USU Press

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Supranto, J. (2011). Statistik: Teori dan Aplikasi, Edisi keenam, Jilid1, 2. Jakarta: Erlangga.

Swastha, Basu DH, (2012). Pengantar Bisnis Modern, Edisi Ketiga. Jakarta: Liberty.

Tjiptono, Fandy. (2015) Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia.

Umar, Husein, (2010). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi Keenam. Jakarta : Raja Grafindo

JURNAL:

Raharso, Sri. 2005. Pengaruh Customer Delight terhadap Behavioral Intentions Battery. Jurnal, Usahawan No.5, Mei 2005.

Hill, Graham. 2015. Customer Value Management. Jurnal of Marketing.

SKRIPSI:

Meutia. (2017). Pengaruh Kesenangan Pelanggan (Customer Delight) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Hypermart Sun Plaza Medan. Skripsi Fakultas Ekonomi-USU.

Mia. (2017) Pengaruh Kesenangan Pelanggan (Customer Delight) Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Macan Yaohan Medan Mall. Skripsi Fakultas Ekonomi-USU.




DOI: https://doi.org/10.61715/jmeb.v1i1.66

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats