PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW, INFLUENCER MARKETING, DAN KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE SHOP SHOPEE PADA MAHASISWA SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI GRAHA KIRANA

Arni Adha, Subambang Subambang

Abstract


Abstract 

This study aims to determine and analyze the influence of Online Customer Reviews, Influencer marketing, and website quality on Shopee Online Purchase Decisions on Graha Kirana College Students of Economics. The population in this study were students of the Graha Kirana College of Economics whose number was unknown. The number of samples as many as 73 respondents with sampling using accidental sampling technique. The analytical method used is descriptive analysis and multiple linear regression analysis methods. This type of research is an associative research and the data used are primary data obtained by a list of questions whose measurement uses an interval scale. Hypothesis testing using the SPSS program. The results showed that simultaneously Online Customer Review, Influencer Marketing, and Website Quality had a significant effect on Shopee Online Purchase Decisions for Graha Kirana College Students of Economics. Partially Online Customer Reviews, Influencer Marketing, and Website Quality each have a positive and significant impact on Shopee Online Purchase Decisions for Graha Kirana College Students of Economics.


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Online Customer Review, Influencer marketing, dan Kualitas website terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee pada Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana. Populasi dalam penelitian ini adalah Mahasiswa/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana yang tidak diketahui jumlahnya. Jumlah sampel sebanyak 73 responden dengan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Metode analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan metode analisis regresi linier berganda. Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif dan data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan daftar pertanyaan yang pengukurannya menggunakan skala interval. Pengujian hipotesis menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Online Customer Review, Influencer Marketing, dan Kualitas Website berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee pada Mahasisw/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana. Secara parsial Online Customer Review, Influencer Marketing, dan Kualitas Website masing-masing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Online Shop Shopee pada Mahasisw/i Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana


Full Text:

PDF

References


Afifah, N., & Yulida. (2018). Pengaruh Product Knowledge, Online Customer Review, dan Perceived Enjoyment. Jurnal Administrasi Bisnis.

Ahmad, S. (2010). Marketing In Business. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Bames, S., & Vidge, R. (2002). An Integrative Approach To The Assesment Of Ecommerce Quality. Journal Of Electronic Commerce Research, 114 - 127.

Choi, S., Rifon, M., & Nora, J. (2007). Who is the celebrity in advertising? understanding dimen-sions of celebrity images. The Journal Of Popular Culture, 1 - 21.

Ehrlich, S. (2013). The age of influencers: How to engage influencers to amplify your PR program. Bulldog Reporter, December 30. Available. Dipetik April 3, 2019, dari newsroom. businesswire.com: http://newsroom. businesswire.com/ news/age-influencers-how-engageinfluencers-amplify-your-pr-program

Farki, A., & Baihaqi, I. (2016). Pengaruh Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Pembelian pada Online Marketplace di Indonesia. Jurnal Teknik ITS.

Finna, W., & Sugiyono. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran, 16 - 22.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS . Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Glucksman, M. (2017). Rise of Social Media Influencer Marketing on Lifestyle Branding. Elon Journal of Undergraduate Reserch in Communications.

Kanitra, A. R., & Kusumawati, A. (2018). Pengaruh Country Of Origin Dan Online Consumer Review Terhadap Trust Dan Keputusan Pembelian.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prisip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kuncoro, M. (2012). Metode Riset Untuk Bisnis Dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

lee, E. J., & Shin, S. Y. (2014). When do consumers buy online product reviews? Effects of review quality, product type, and reviewer’s photo. Computers In HUman Behaviour, 356 - 366.

Magdalena, Y., & Sugiyanto, N. (2018). Pengaruh Website Quality, Electronic Word Of Mouth, Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying Pada Zalora.

Magdalena, Y., & Sugiyanto, N. (2018). Pengaruh Website Quality, E-WOM, dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying pada Zalora.

Mo, Z., Li, Y., & Fan, P. (2015). Effect of Online Reviews on Consumer Purchase Behavior. Journal of Service Science and Management, 419 - 424.

Nam, L. G., & Dan, H. T. (2018). Impact of social media Influencer marketing on consumer at Ho Chi Minh City. The International Journal of Social Sciences and Humanities Invention, 4710 - 4714.

Pahlevi. (2019). Pengertian Influencer Marketing dan Pentingnya Influencer Dalam Pemasaran. Dipetik Februari 25, 2019, dari pahlevi.net: https://www.pahlevi.net/pengertian-influencer/

Piama, R. (2017). Pengaruh Sumber Informasi dan Kualitas Website Terhadap Kepercayaan Pelanggan dalam Menentukan Keputusan Bertransaksi Pada E-Commerce.

Sarwono, J., & Prihartono, K. A. (2012). Perdagangan Online: Cara Bisnis di Internet. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Schiffman, L. G., & Kanuk. (2007). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT Indeks.

Setyowati, D. (2018, September 03). Shopee Catatkan Transaksi Rp 59,4 Triliun Pada Semester I 2018. Dipetik April 03, 2019, dari Katadata: https://katadata.co.id/berita/2018/09/03/shopee-catatkan-transaksi-rp-594-triliun-pada-semester-i-2018

Sharma, D., & Ranga, M. (2014). Influencer Marketing- A Marketing Tool In The Age Of Social Media. Abhinav International Monthly Refereed Journal of Research in Management & Technology.

Siagian, H., & Cahyono, E. (2014). Analisis Website Quality, Trust, dan Loyalty Pelanggan Online Shop. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Situmorang, S. H., & Lutfi, M. (2015). Analisis Data untuk Riset Manajemen dan. Medan: USU Press.

Sorum, H. (2014). Dressed for Web Success? An Empirical Study of Website Quality in the Public Sector. Copenhagen Business School.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D (Vol. Kedua). Bandung: Alfabeta.

Suryani, T. (2013). Perilaku Konsumen di Era Internet :Implikasi Pada Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Tjiptono, F. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: ANDI.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran Jasa. Malang: Bayumedia Publishing.

Wijaya, F. A., & Sugiaharto, S. (2015). Pengaruh Celebrity Endorsement Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Manajemen Pemasaran.

Wirapraja, A., & Hariyanti, N. T. (2018). Pengaruh Influencer Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Digital Era Modern. Jurnal Eksekutif.

Woods, S. (2016). Sponsor: The Emergence of Influencer Marketing. [Skripsi]. Knoxville (USA): University of Tennessee




DOI: https://doi.org/10.61715/jmeb.v1i2.13

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Manajemen Ekonomi dan Bisnis

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats