EFEKTIVITAS DAN EFESIENSI PENGELOLAAN KEUANGAN BADAN USAHA MIILK DESA (BUMDes) DI DESA SUKA MAKMUR KECAMATAN BINJAI KABUPATEN LANGKAT

Suparni Suparni, Helmut Hutapea

Abstract


Pembangunan pada hakekatnya bertujuan membangun kemandirian, termasuk pembangunan pedesaan. Salah satu misi pemerintah adalah membangun daerah pedesaan yang dapat dicapai melalui pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan produktivitas dan keanekaragaman usaha pedesaan, ketersediaan sarana fasilitas untuk mendukung ekonomi pedesaan, membangun dan memperkuat institusi yang mendukung rantai produksi dan pemasaran, serta mengoptimalkan sumber daya sebagai dasar pertumbuhan ekonomi pedesaan. Tujuannya adalah untuk memberi peluang bagi kemampuan daerah dan pedesaan sebagai tulang punggung ekonomi regional dan nasional. Kemajuan ekonomi nasional hanya akan tercapai jika terdapat iklim perekonomian yang baik di tingkat Provinsi. Kemajuan ekonomi di tingkat Provinsi akan tercapai jika Kabupaten memiliki kegiatan ekonomi yang baik. Kemajuan ekonomi sebuah Kabupaten dapat tercapai karena adanya sumbangsih dari ekonomi pedesaan yang kuat yang berimbas pada kesejahteraan masyarakat luas. Hal ini akan menjamin penyelenggaraan pemerintah yang baik untuk diterapkan di semua tingkat pembangunan dan keputusan berdasarkan kebutuhan nyata dari masyarakat. Pengembangan perekonomian di pedesaan sudah sejak lama dijalankan oleh pemerintah melalui berbagai program. Pemerintah diharapkan dapat menciptakan iklim usaha yang mendorong perkembangan perekonomian secara sehat, baik dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat sekitarnya, maupun turut serta dalam membangun sistem perekonomian nasional sebagai organisasi ekonomi.

Full Text:

PDF

References


Adnyani. Ni Putu Meilia Utari. 2016. Analisis Efektivitas Dan Efesiensi Dana Pinjaman Bergulir Program Usaha Agribisnis Pedesaan (PUAP) Terhadap Pendapatan Gabungan Kelompok Tani

Ayodya Pura. Skripsi. Fakultas Ekonomi. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja

Agunggunanto,dkk, 2016. “Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha.Milik Desa (BUMDes)”, Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis, Volume 3 Nomor 1, hal 67-81.

Departemen Pendidikan Nasional Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan (PKD SP).2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha MIlik Desa (BUMDes). Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya

Harun, Amran 2007. Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Pemerintah DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Mahasiswa. http:/jimfeb.ub.ac.id. Diakses 25 Oktober 2015. Hal. 1.

Kadek, Ni Diah CandraKartika., Dkk. 2017.efektivitas pengelolaan dana pada badan usaha milik desa kerta danu mandara di desa songan a, (online), Vol 8, No 2

Kurniawan,Ade Eka, 2016. “Peranan Badan Usaha MilikDesa (BUMDes) Dalam Peningkatan Pendapatan Asli Desa (Desa Lanjut Kecamatan Singkep Pesisir Kabupaten LinggaTahun 2015)”, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Umroh.

M,Reza Zulkarnaen. 2016.pengembangan potensi ekonomi desa melalui badan usaha milik desa (BUMdes)pondok salam kabupaten purwakarta, (Online) vol 5 no 1

Maryunani, 2008, Pembangunan Bumdes dan Pemerdayaan Pemerintah Desa, Bandung : CV Pustaka Setia.

Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan FE UB. (2007) Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan BUMDES. Malang, PP RPDN.

Setyowati, Endang. 2011. Analisis Efisiensi Dan Efektivitas PengeluaranAnggaran Belanja Langsung Barang Dan Jasa Pada Dinas PengelolaKeuangan Daerah Kabupaten Lumajang. Tesis. Universitas Jember.

Santoso. 2011. Efisiensi dan Efektivitas Pengelolaan Keuangan Daerah Di Kabupaten Ngawi. Tesis. Surakarta. Halaman 29 dan 39.




DOI: https://doi.org/10.61715/gledger.v1i1.2

Refbacks

  • There are currently no refbacks.















Editorial Address;

Jln. Kirana Raya No.20, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112.

Phone/Fax : (061) 4521924

Email : stie@graha-kirana.com

This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.

https://licensebuttons.net/l/by-nc-sa/4.0/88x31.png
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal General Ledger : Jurnal Studi Ilmu Akuntansi dan Keuangan by Program Studi Ilmu Akuntansi, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Graha Kirana is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.